Sholat Adalah Benih, Perbuatan Baik Adalah Buahnya

Assalamu’alaikum wr wb,
Apakabar sahabat ayahucuB dimanapun anda berada, semoga keselamatan selalu menyertai kita semua…aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Kali ini saya sedang belajar tentang makna ‘Sholat Adalah Benih, Perbuatan Baik Adalah Buahnya’. Mengambil hikmah dari Al Quran Surah Al Muddassir [74] ayat 40-47.

Mari kita belajar bersama.

Sholat Adalah Benih, Perbuatan Baik Adalah Buahnya

(42) “Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?”
(43) Mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang orang yang melaksanakan shalat,
(44) dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin,
(45) bahkan kami biasa berbincang (untuk tujuan yang batil), bersama orang orang yang membicarakannya,
(46) dan kami mendustakan hari pembalasan,
(47) sampai datang kepada kami kematian.” (QS Al Muddassir [74]:40-47)

Hikmah mendalam dari ayat ini adalah, jika kita melakukan Sholat, maka hati kita akan lembut kepada Allah. Sebaliknya bila kita tidak melakukan Sholat, maka hati kita akan mengeras. Jika hati ini melembut kepada Allah, maka seharusnya akan melembut juga kepada Makhluknya. Lembut kepada orang miskin.

Orang miskin adalah orang yang tidak bisa menolong dirinya sendiri. Orang yang bangkrut, orang yang tidak punya uang, tidak punya rumah, tidak punya makanan untuk dimakan, yang amat sangat membutuhkan bantuan. Mereka terjebak di kondisi seperti itu dan tidak bisa keluar dari situasi tersebut. Mereka bukan hanya fakir (tidak memiliki apa apa) tetapi tidak bisa menolong dirinya sendiri. Bisa karena kondisi ekonomi, politik, sosial, keluarga, ataupun kesehatan. Itu semua melumpuhkannya sehingga mereka tidak bisa keluar dari kondisi tersebut.

Hati yang lembut akan menghindari kita dari bergaul yang tidak penting, menghabiskan waktu dengan hal yang tidak bermanfaat, dan banyak berpesta, terlalu berlebihan dalam hiburan.

Lembutnya hati akan membawa kita melihat ke sekitar kita, siapa yang membutuhkan pertolongan. Dorongan hati kita akan menolong mereka. Jika kita sholat tetapi solat kita tidak membawa kita menjadi orang yang ingin memberi, perduli dengan orang lain, menjauh dari bergaul yang tidak penting, memanfaatkan waktu luang dengan sesuatu yang bermanfaat, dan mengingat kematian…berarti ada yang salah dengan sholat kita.

Sholat adalah benih, salah satu buahnya adalah perbuatan perbuatan baik.
Benih harus disiram, dipupuk agar berbuah.
Jangan menyianyiakan benih yang luar biasa ini.
Sholat bukan hanya perbuatan, tetapi perubahan cara berpikir. Perubahan Paradigma.

Hati yang lembut ini menjadi indikator apakah kita sudah melakukan sholat atau belum. Perbaikilah terus sholat kita untuk melembutkan hati kita.

Semoga Allah menjadikan kita orang yang bersungguh sungguh dalam sholat dan membuahkan perbuatan positif bagi sesama…Amiin Ya Rabbal ‘alamiin…

Demikian penjelasan tentang ‘Sholat Adalah Benih, Perbuatan Baik Adalah Buahnya‘ yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi sahabat. Lebih kurangnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

https://biolinky.co/ayahucub

Silahkan Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 2 =