Sedekah Kita Adalah Kepada Allah

Assalamu’alaikum wr wb,
Apakabar sahabat ayahucuB dimanapun anda berada, semoga keselamatan selalu menyertai kita semua…aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Kali ini saya sedang belajar tentang makna ‘Sedekah Kita Adalah Kepada Allah’. Hikmah dari Al Quran Surah Al Baqarah [2]:3 tentang menginfakkan sebagian Rizki dari Allah.

Mari kita belajar bersama.

Sedekah Kita Adalah Kepada Allah

(2) Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
(3) (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,
(4) dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.
(QS Al Baqarah [2]:2-3)

Sifat anak kecil adalah saat diberikan sesuatu yang bukan miliknya akan melupakan bahwa sesuatu itu bukan miliknya.

Allah berfirman “menginfakkan sebagian rezeki ‘dari yang Kami berikan'”. Kita kadang lupa bahwa rizki yang kita terima bukan milik kita, tetapi milik Allah. Harta benda yang kita punya, rumah, mobil, pakaian, rekening di bank, bahkan Badan ini pun, mata, telinga, hidung, dan lainnya adalah milik Allah. Suatu saat akan diambil, Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kita mengikatkan sesuatu yang bukan milik kita sebagai Mobilku, Rumahku, Uangku, Badanku, Pikiranku, Perasaanku, dan milikku lainnya. Diri kita ini adalah milik Allah. Kita mudah melupakan bahwa semua itu adalah milik Allah.

“Dari apa yang Kami anugerahkan kepada mereka, mereka menafkahkan.”

Kita sudah diberi Rizki oleh Allah tetapi kita lupa kalau kita sudah diberi rizki itu. Ada yang mengatakan, “Aku akan sedekah bila telah mendapat rizki dari Allah”.

Apakah waktumu bukan rizki? Maukah kamu mensedekahkan sebagian waktumu.
Apakah ilmu yang kamu miliki bukan rizki? Maukah kamu mensedekahkan sebagian ilmumu.
Apakah kesehatanmu bukan rizki? Maukah kamu mensedekahkan tenagamu.
Apakah uang yang kamu miliki saat ini bukan rizki? Maukah kamu mensedekahkan uangmu.

Sedekah bukan dilihat dari besar kecilnya, bukan dari kuantitasnya, tetapi kualitasnya. Niat dan pengorbanan dibalik sedekah itu. Sedekahnya orang yang memiliki uang milyaran sejumlah ratusan ribu berbeda kualitasnya dengan sedekahnya orang yang memiliki uang ratusan ribu sejumlah puluhan ribu.

Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS At Taubah [9]:41)

Berbagilah kamu baik saat merasa ringan maupun berat. Jangan pernah merendahkan apa yang kita bisa berikan. Lihatlah siapa yang memberi rizki itu kepada kita, Allah.

Kita perlu melatih anak kita untuk bersedekah. Menurut kita uang 2 ribu yang kita beri ke anak kita adalah kecil. Tetapi menurut anak kita adalah besar. Jadi latihlah mereka untuk bersedekah. Pengalaman sedekah ini penting baginya untuk mengirim hadiahnya ke Allah.

Semoga Allah menjadikan kita orang yang bertakwa dan suka bersedekah…Amiin Ya Rabbal ‘alamiin…

Demikian penjelasan tentang ‘Sedekah Kita Adalah Kepada Allah‘ yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi sahabat. Lebih kurangnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

https://biolinky.co/ayahucub

Silahkan Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + six =