Surah Al Kautsar Akan Membuat Kita Tersenyum Pada Orang Toxic

Assalamu’alaikum wr wb,
Apakabar sahabat ayahucuB dimanapun anda berada, semoga keselamatan selalu menyertai kita semua…aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Kali ini saya sedang belajar tentang makna Surah dalam Al Qur’an yaitu Surah Al Kautsar. Surah Al Kautsar Akan Membuat Kita Tersenyum Pada Orang Toxic. Apa makna yang terkandung dalam Surah Al Kautsar ini sehingga membuat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tersenyum.

Mari kita belajar bersama.

Surah Al Kautsar Akan Membuat Kita Tersenyum Pada Orang Toxic

Orang Toxic adalah istilah untuk orang yang “beracun”, yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik itu secara fisik ataupun emosional. Seseorang bisa dianggap menjadi racun ketika ia menebarkan sesuatu yang negatif ke lingkungan sekitarnya. Orang yang kerjaannya ngomongin orang, nyinyirin orang. Salah satu ciri orang toxic adalah tidak konsisten antara perkataan yang diucapkannya dan perbuatannya. Biasanya, orang toxic mengerti harus bersikap kepada kita ketika ia menginginkan sesuatu dari kita. Namun, bila dia tidak merasa memerlukan sesuatu dari kita, ia tidak akan menunjukkan sikap baik pada kita.

Surah Al Kautsar turun di saat Rasulullah SAW mengalami kesedihan karena wafatnya putra beliau Qasim. Ditambah lagi orang kafir Quraisy menggelari beliau dengan sebutan ‘Abtar’ (orang yang sudah terputus keturunannya). Turunnya Surah Al – Kautsar adalah sebagai penghibur dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Dan Rasulullah pun tersenyum sesaat setelah Surah ini turun kepada beliau. Allah berfirman bahwa Abtar adalah gelar untuk orang orang yang membencinya.

(1) Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
(2) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.
(3) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
(QS Al-Kautsar [108]:1-3)

Apa itu Al Kautsar?

Al-Kautsar adalah sebuah sungai di dalam surga yang kedua tepinya dari emas. Airnya mengalir di atas mutiara. Tanahnya lebih wangi dari misk. Airnya lebih manis dari madu. Dan warnanya lebih putih dari salju. (HR At-Turmudzi:3361)

Biasanya saat ada orang yang sedang diliputi kesedihan mendalam kita menasihatinya agar bersabar. Dari Surah ini, Allah SWT tidak meminta Rasulullah untuk bersabar tetapi bersyukur. Bersabar fokus pada kejadian yang telah lalu, apa yang hilang. Bersyukur membawa kita fokus kepada saat ini, apa yang kita miliki.

Dengan cara apa bersyukurnya? Dengan mendirikan shalat dan berkurban karena Allah.

Bagaimana jika ada orang yang malah mengolok ngolok atau menggosipi atau membicarakan keburukan kita di belakang? Apa yang harus kita lakukan terhadap orang Toxic ini? Lepaskan…let it go, karena sesungguhnya mereka sedang meracuni dirinya sendiri.

Surah Al Kautsar ada untuk membimbing Emosi kita. Membimbing kita keluar dari kesedihan kepada kebahagiaan. Jadi kalau ada orang yang suka menyakiti hati kita dengan kata katanya dan membuat kita bersedih, ingatlah Surah Al Kautsar. Jadikan ini sebagai penghibur kita. Bersyukurlah terlebih dahulu dan mengingat nikmat Allah yang saat ini diberikan kepada kita dan akan diberikan kepada kita. Terlalu besar jika dibandingkan nikmat yang diambil dari kita. Ubah FOKUS kita…ubah Atensi kita dengan Sholat, dengan mengingat Allah dan berkurbanlah sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah.

Dengan mengubah Fokus Pikiran, Perasaan kita akan berubah. Perasaan kesal berubah menjadi perasaan bersyukur, bahagia.

Semoga Allah memberikan senyuman di hati dan wajah kita semua…Amiin Ya Rabbal ‘alamiin…

Demikian penjelasan tentang ‘Surah Al Kautsar Akan Membuat Kita Tersenyum Pada Orang Toxic‘ yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi sahabat. Lebih kurangnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

https://biolinky.co/ayahucub

Silahkan Berbagi

2 thoughts on “Surah Al Kautsar Akan Membuat Kita Tersenyum Pada Orang Toxic

    1. Terimakasih kak, ternyata sebagian besar makna yg terkandung dalam surat dan ayat dalam Al Quran ada petunjuk solusi utk masalah2 hidup kekinian. 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *