Memohon Ampunan Membuka Pintu Langit

Assalamu’alaikum wr wb,
Apakabar sahabat ayahucuB dimanapun anda berada, semoga keselamatan selalu menyertai kita semua…aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Kali ini saya sedang belajar tentang ‘Memohon Ampunan Membuka Pintu Langit’. Bagaimana cara memohon ampunan? Memohon ampunan seperti apa yang bisa membuka pintu langit?

Mari kita belajar bersama.

Memohon Ampunan Membuka Pintu Langit

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah. (QS Al Balad [90]:4)

Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa.” (QS Hud [11]:52)

(10) maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,
(11) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,
(12) dan Dia memperbanyak harta dan anak anakmu, dan mengadakan kebun kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”
(QS Nuh [71]:10-12)

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana; (QS Al Fath [48]:4)

Allah menurunkan kedamaian, ketenangan turun dari langit ke dalam hati orang mukmin.

Hikmah

Saat kita memohon ampunan kepada Allah, balasan Allah bukan hanya ampunan, tetapi terbukanya Langit yang menurunkan hujan, perlambang turunnya solusi terhadap masalah kita, harta, anak, pekerjaan, dan apapun yang dapat menenangkan, mendamaikan hati kita. Dan bukan hanya di akhirat tetapi di dunia.

Bagaimana cara memohon ampunan? Memohon ampunan seperti apa yang bisa membuka pintu langit? Jangan sampai dikatakan Istighfar kita butuh istighfar.

Coba kita amati, mengapa kita sulit sekali untuk memohon ampunan? Karena:

  • kita merasa sudah terlalu banyak dosa sehingga pesimis Allah mau mengampuni
  • Allah membenci kita
  • Allah marah kepada kita karena melakukan dosa yang sama berulang ulang
  • kita merasa begitu jauh dari tuntunan Allah dan sholat terasa tidak berarti
  • kita biasanya meminta bantuan orang untuk mendoakan kita karena mungkin kita pikir orang itu masih mau didengar Allah karena kesolehannya
  • kita merasa putus asa, hopeless

Keputusasaan ini jadi jalan masuk setan untuk menggoda kita menjadi syirik. Setan membisikan agar kita pergi ke kuburan orang soleh dan meminta karomahnya agar Allah mengatasi masalahnya karena kita terlalu banyak dosa jadi tidak bisa meminta kepada Allah langsung. Inti dari Tauhid, Iman, Laa ilaa ha illallah adalah hubungan langsung kita dengan Allah, tanpa perantara. Dan memohon ampunan Allah adalah yang paling kita butuhkan agar hubungan kita dengan Allah semakin dekat.

Memohon ampunan ada yang hanya di mulut dan ada yang dari dalam hati. Cari waktu dimana kita bisa sendiri dan hanya dengan Allah. Akui semua kesalahan dan dosa yang anda pernah lakukan kepada Allah, mintalah ampunan kepadaNya. Jangan beri alasan apapun. Cukup akui kesalahan kita. Ini tidak mudah. Karena manusia cenderung defensif, sulit mengakui kesalahan, suka mencari pembenaran.

Bahkan manusia menjadi saksi atas dirinya sendiri,
dan meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya.
(QS Al Qiyamah [75]:14-15)

Saat kita sedang mengakui kesalahan, jangan membuat alasan, Allah Maha Tahu apa yang telah kita alami. Kita hanya perlu datang kepadaNya dengan terbuka, tanpa perantara, tanpa keraguan, tidak usah malu, seterbuka-terbukanya, sejujur jujurnya, sampai akhirnya kita meneteskan air mata. Ini dia tandanya pintu langit terbuka, hujan mengalir ke bumi. Apa karunia terbesar yang Allah berikan kepada kita? Ampunan. Yang lainnya adalah karunia tambahan. Allah sangat mencintai kita lebih daripada kita mencintai diri kita sendiri. Satu satunya yang percaya bahwa Allah membencinya dan hubungan antar mereka berakhir adalah setan. Tidak ada alasan bagi setan untuk meminta maaf karena ia tersesat. Lalu bedanya apa kita dengan setan jika kita percaya bahwa Allah membenci kita?

Jangan ragu untuk memohon ampunan, jangan ragu untuk berdoa.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS Al Baqarah [2]:186)

Semoga Allah menjadikan kita orang yang sungguh sungguh memiliki keinginan untuk memohon ampunanNya dan berdoa hanya kepadaNya..Amiin Ya Rabbal ‘alamiin.

Demikian penjelasan tentang ‘Memohon Ampunan Membuka Pintu Langit‘ yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi sahabat. Lebih kurangnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

https://biolinky.co/ayahucub

Silahkan Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 5 =